Buku Blue Ocean Strategy alias Strategi Samudra Biru pantas menyandang gelar buku bestseller di dunia. Sebagai gambaran besar dan kasar, buku ini menekankan bahwa setiap perusahaan butuh inovasi.
Hal yang sudah seharusnya diketahui setiap pimpinan perusahaan memang; hanya sang penulis (dua penulis tepatnya) menganalogikannya secara baru.
Tetapi banyak perusahaan tidak dapat melakukan inovasi, itu yang saya lihat.
Misalnya saja, sebuah toko hand phone di BEC. Sesama toko handphone saling gontok-gontokan, menjual setiap handphone dengan margin hanya 10 ribu rupiah.
Tidak dapat disangkal lagi, mereka berada di samudra merah berdarah! Saya yakin mereka tahu tentang inovasi dan ingin berenang di samudra biru; tapi mereka tidak bisa.
One comment
Aditya
July 5, 2006 at 2:48 pm
setauku tidak semua perusahaan perlu inovasi agak bisa menjadi sukses, perusahaan2 yang memproduksi produk berskala mass product dan kebetulan saingannya sedikit, tanpa inovasi pun barang2nya akan tetap laku
contoh : PLN —–> tetep laku kan, tapi aneh, konon kabarnya perush ini merugi yak ?