Update Mei 2020: Dengan terjadinya pandemi COVID-19, Online ERP adalah solusi yang tepat untuk membantu bisnis dalam menjalankan manajemen untuk proses bisnis utama secara online. Administrasi tetap dapat dikelola bahkan jika staf Anda WFH, klik di sini untuk ERP pilihan yang dikuratori oleh WGSHub.


 

Berkembangnya sebuah usaha yang membuat produktivitas meningkat ialah tantangan dalam dunia bisnis, bukan hanya merupakan kesempatan untuk membuat bisnis semakin besar namun dibalik semua itu tantangan perusahaan akan ketepatan, kedisiplinan serta efisiensi produksi akan sangat diuji. Dengan menggunakan sistem manual tidak akan mudah untuk mendapatkan efisiensi yang diinginkan perusahaan karena ketepatan waktu serta informasi yang akurat tidak mudah didapatkan bila masih menggunakan metoda lama.

Walaupun demikian tidak sedikit perusahaan yang masih menggunakan sistem manual oleh karena itu kali ini kami akan bahas beberapa manfaat yang bisa didapatkan perusahaan dengan mengimplementasikan sistem ERP dalam proses bisnisnya. Alasan utama yang membuat sistem ERP sangat penting didalam bisnis ialah persentase keberhasilan perusahaan dalam efisensi akan meningkat.

Alasan Mengapa Perusahaan Membutuhkan Sistem ERP

Laporan yang dihasilkan oleh ERP dapat digunakan pula dalam menganalisa strategi perusahaan kedepannya karena era pasar bebas terkadang memaksa perusahaan untuk banyak merubah strategi dalam produksi sampai dengan pemasaran.

Faktor yang membuat meningkatnya efisiensi dengan implementasi sistem ERP, ialah proses bisnis yang rumit dalam pengerjaan secara manual yang juga akan mengakibatkan membengkaknya anggaran serta waktu yang relatif lebih lama bisa ditekan sekecil mungkin. Solusi yang ditawarkan oleh sistem ERP membuat perusahaan mendapatkan otomatisasi proses bisnis yang tentu saja akan berefek kepada kecepatan proses serta meningkatnya keuntungan perusahaan.

Dilihat dari sisi karyawan, sistem ERP memberikan kemudahan dalam pekerjaan karena karyawan akan terbebas dari tugas-tugas yang dapat di tangani oleh sistem sehingga bisa dapat memfokuskan kedalam pekerjaan yang lebih kompleks dan membutuhkan penanganan yang lebih personal. Bukan hanya akan meningkatkan produktivitas pekerja, perusahaan akan dapat mengurangi anggaran operasional serta overhead.

Sistem ERP banyak memberikan kemudahan di semua level dalam perusahaan mulai dari tingkat bawah sampai dengan tingkat managerial, karena data yang dihasilkan oleh sistem dapat dijadikan sebuah acuan untuk menilai kinerja perusahaan di banyak elemen dalam waktu yang sangat cepat. Laporan yang dihasilkan oleh ERP dapat digunakan pula dalam menganalisa strategi perusahaan kedepannya karena era pasar bebas terkadang memaksa perusahaan untuk banyak merubah strategi dalam produksi sampai dengan pemasaran dan ERP dapat diandalkan untuk kepentingan tersebut karena bisa cepat dalam memberikan laporan yang nantinya digunakan sebagai acuan dalam pengambilan tindakan sehingga perusahaan menjadi sangat responsif terhadap perubahan pasar.

Apakah anda penasaran sejauh mana manfaat ERP bila diimplementasikan di perusahaan anda? WGS memiliki solusi ERP baik untuk perusahaan dalam negeri dari Platform solusi IT kami WGSHub, maupun ERP custom-built untuk large enterprise Indonesia. Hubungi kami dan biarkan tim ahli WGS membantu usaha anda ketingkat yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *